Finish Balance Solusi Mengatasi Setir Getar Di Kecepatan Tinggi
Keunggulan finish balancing - masih banyak para pengguna kendaraan roda empat yang belum begitu tahu dan paham mengenai apa itu spooring dan balancing, nah untuk itu pada kesempatan kali ini kami akan membagikan sedikit ilmu mengenai fungsi dan manfaat balancing saja, alasannya untuk warta mengenai spooring sudah pernah kami bahas beberapa waktu lalu.
Balancing yakni suatu pekerjaan yang dilakukan untuk menstabilkan atau menyeimbangkan putaran roda roda kendaraan yakni ban dan velg biar nantinya tidak timbul getaran yang mengganggu kenyamanan ketika mengemudi dan memperpendek usia pakai komponen kaki kaki mobil. Melakukan balancing ini wajib hukumnya bagi kendaraan roda empat, setidaknya tiap interval waktu per 10.000 km untuk kendaraan beroda empat yang hanya dipakai didalam kota, atau per 5000 Km untuk kendaraan yang sering melalui medan jalanan yang kurang manis menyerupai jalan jalan luar kota.
Perlu di ingat bahwa setir kemudi yang tidak terasa bergetar ini bukan berarti balancing rodanya sudah manis dan tak perlu lagi dibalancing, bisa jadi getaran getaran dari putaran roda yang kurang stabil ini telah teredam oleh fleksibilitas dari sistem kemudi kendaraan beroda empat yang bagus, terlebih lagi untuk kendaraan beroda empat keluaran terbaru ketika ini juga mengaplikasikan fleksibilitas kemudi.
Sehingga dibutuhkan melaju dengan kecepatan tinggi guna mencicipi getaran yang timbul jawaban tidak seimbangnya putaran roda ( tidak balan ) contohnya di kecepatan 100 km/jam keatas. Untuk getaran yang timbul jawaban kendaraan beroda empat melaju di kecepatan tinggi ini tidak bisa dihilangkan dengan proses balancing biasa, dan hanya bisa diatasi dengan melaksanakan balancing OTC atau finish balancing.
Proses finish balancing ini berbeda dengan balancing model biasa, bila pada proses balancing biasa kita harus melepas roda roda mobil, kemudian memutarnya di mesin balancing untuk menyeimbangkan putaran roda, maka pada proses balancing on the car ini pribadi dikerjakan pada kendaraan beroda empat dimana roda roda nya masih terpasang ( tidak perlu lepas roda ), dengan demikian baik putaran ban, putaran velg, putaran rotor disc akan ditimbang dan dibalancing.
Pengerjaan finish balancing ini hanya ditujukan untuk kenyamanan berkendara di kecepatan tinggi, jadi bila anda menyukai kebut kebutan di jalanan tol dan tidak ingin setirnya terasa getar di kecepatan yang tinggi, maka finish balancing yakni solusinya.
Semoga bermanfaat dan salam otomotif.
Balancing yakni suatu pekerjaan yang dilakukan untuk menstabilkan atau menyeimbangkan putaran roda roda kendaraan yakni ban dan velg biar nantinya tidak timbul getaran yang mengganggu kenyamanan ketika mengemudi dan memperpendek usia pakai komponen kaki kaki mobil. Melakukan balancing ini wajib hukumnya bagi kendaraan roda empat, setidaknya tiap interval waktu per 10.000 km untuk kendaraan beroda empat yang hanya dipakai didalam kota, atau per 5000 Km untuk kendaraan yang sering melalui medan jalanan yang kurang manis menyerupai jalan jalan luar kota.
Finish balance by : gg-autoservice.nl |
Perlu di ingat bahwa setir kemudi yang tidak terasa bergetar ini bukan berarti balancing rodanya sudah manis dan tak perlu lagi dibalancing, bisa jadi getaran getaran dari putaran roda yang kurang stabil ini telah teredam oleh fleksibilitas dari sistem kemudi kendaraan beroda empat yang bagus, terlebih lagi untuk kendaraan beroda empat keluaran terbaru ketika ini juga mengaplikasikan fleksibilitas kemudi.
Sehingga dibutuhkan melaju dengan kecepatan tinggi guna mencicipi getaran yang timbul jawaban tidak seimbangnya putaran roda ( tidak balan ) contohnya di kecepatan 100 km/jam keatas. Untuk getaran yang timbul jawaban kendaraan beroda empat melaju di kecepatan tinggi ini tidak bisa dihilangkan dengan proses balancing biasa, dan hanya bisa diatasi dengan melaksanakan balancing OTC atau finish balancing.
Pengertian finish balancing
Finish balance atau yang lebih dikenal dengan istilah On The Car Balance ini yakni salah satu metode untuk mengatasi setir kendaraan beroda empat bergetar di kecepatan tinggi diatas 100km/jam. Sebab bila hanya dilakukan balance yang biasa tentu tidak akan bisa mengatasi hal ini.Proses finish balancing ini berbeda dengan balancing model biasa, bila pada proses balancing biasa kita harus melepas roda roda mobil, kemudian memutarnya di mesin balancing untuk menyeimbangkan putaran roda, maka pada proses balancing on the car ini pribadi dikerjakan pada kendaraan beroda empat dimana roda roda nya masih terpasang ( tidak perlu lepas roda ), dengan demikian baik putaran ban, putaran velg, putaran rotor disc akan ditimbang dan dibalancing.
Pengerjaan finish balancing ini hanya ditujukan untuk kenyamanan berkendara di kecepatan tinggi, jadi bila anda menyukai kebut kebutan di jalanan tol dan tidak ingin setirnya terasa getar di kecepatan yang tinggi, maka finish balancing yakni solusinya.
Penting untuk dipahami
Jika ternyata sesudah dilakukan finish balancing getaran masih terasa di setir kemudi kendaraan beroda empat ketika dikendarai dalam kecepatan yang tinggi, bisa jadi dikarenakan kondisi ban yang kurang bagus, contohnya benjol, mengayun dan sebagainya. Atau bisa dikarenakan velg kendaraan beroda empat yang cacat atau bengkok jawaban terlalu sering menghantam lubang di jalanan, atau bisa juga diakibatkan lantaran adanya keausan pada sistem kemudi mobil, contohnya ball joint, tierod, long tierod yang telah mengalami kerusakan. Biasanya petugas balancing akan melaksanakan investigasi terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membalancing, alasannya dalam melaksanakan finish balancing ini kondisi understeel, ban dan juga velg harus bagus.Baca juga : Ini manfaat rutin melaksanakan spooring balancing mobil
Semoga bermanfaat dan salam otomotif.
Comments
Post a Comment