Fungsi Lower Arm Mobil
Fungsi dari lower arm - salah satu bab terpenting yang ada pada sistem suspensi mobil, khususnya suspensi bab depan adalah komponen lower arm atau lengan ayun bab bawah. Karena tanpa adanya lower arm ini tentu kendaraan beroda empat yang kalian kendarai tidak akan terasa enak, meskipun dilengkapi dengan aneka macam perangkat peredam menyerupai shock absorber.
Baca juga :
Pada bab ujung lower arm ini terdapat sebuah ball joint yang pribadi terhubung dan tersambung pada bab knucle bab bawah. Dan di bab lower arm ini juga dilengkapi dengan bushing di kedua titik kaki yang membentuk karakter A ( lihat gambar diatas ) yang fungsinya untuk menciptakan gerakannya mengayun menjadi lebih halus sehingga anda tidak merasa pusing ketika berkendara.
Untuk lebih memperhalus gerakan roda kendaraan beroda empat ketika melibas jalanan yang kurang rata, maka pada sistem suspensi dilengkapi dengan sebuah torsion kafe untuk kendaraan beroda empat jadul sejenis kijang ataupun Isuzu Panther, dan coil spring atau pegas coil atau per keong, dan selanjutnya sisa getaran akan diredam oleh komponen shock absorber.
Pada kendaraan usang sejenis Isuzu panther atau Toyota kijang kapsul, ketinggian body kendaraan beroda empat sanggup disetel dengan cara memutar batang puntir atau torsion bar, yang selanjutnya puntir an dari torsion kafe ini akan mengubah posisi lower arm sehingga body depan kendaraan beroda empat sanggup meninggi ataupun merendah sesuai dengan keinginan.
Kerusakan lower arm
Kerusakan yang terjadi pada bab lower arm ini biasanya dikarenakan keausan bushing bushing nya, ataupun bengkoknya lower arm akhir kendaraan terlibat kecelakaan. Bengkoknya bab lower arm ini pun akan merubah kondisi sudut geometri ( spooring ) roda depan kendaraan yang berakibat kendaraan beroda empat akan menarik ke salah satu sisi ketika setir dilepas. Kampak atau lower arm yang sudah bengkok tidak sanggup di repair ulang, dan harus dilakukan penggantian lower arm yang baru. Semoga bermanfaat dan silahkan dibagikan.
Baca juga :
- Mengenal jenis jenis suspensi mobil
- Mengenal sistem suspensi kendaraan beroda empat dan fungsinya
- Kelebihan serta kekurangan suspensi double wishbone
- Kekurangan dan kelebihan suspensi per daun / leaf spring
- Cara stabilkan suspensi kendaraan beroda empat dengan memasang sport damper
- Tips menciptakan suspensi avanza xenia jadi empuk
- Kekurangan dan kelebihan suspensi independen
- Ini kelebihan suspensi udara serta biasa pasangnya
Fungsi lower arm pada mobil
Lower arm atau lengan ayun bawah alias kampak bawah ini mempunyai fungsi yang sangat penting, yakni sebagai pemegang knucle dimana roda kendaraan akan dipasang di bab ini. Selain berfungsi untuk memegang bab knucle, lower arm atau yang disebut juga sebagai control arm ini juga berfungsi sebagai pengontrol gerakan roda kendaraan, baik itu kontrol gerakan naik turun maupun gerakan maju mundur.Pada bab ujung lower arm ini terdapat sebuah ball joint yang pribadi terhubung dan tersambung pada bab knucle bab bawah. Dan di bab lower arm ini juga dilengkapi dengan bushing di kedua titik kaki yang membentuk karakter A ( lihat gambar diatas ) yang fungsinya untuk menciptakan gerakannya mengayun menjadi lebih halus sehingga anda tidak merasa pusing ketika berkendara.
Untuk lebih memperhalus gerakan roda kendaraan beroda empat ketika melibas jalanan yang kurang rata, maka pada sistem suspensi dilengkapi dengan sebuah torsion kafe untuk kendaraan beroda empat jadul sejenis kijang ataupun Isuzu Panther, dan coil spring atau pegas coil atau per keong, dan selanjutnya sisa getaran akan diredam oleh komponen shock absorber.
Pada kendaraan usang sejenis Isuzu panther atau Toyota kijang kapsul, ketinggian body kendaraan beroda empat sanggup disetel dengan cara memutar batang puntir atau torsion bar, yang selanjutnya puntir an dari torsion kafe ini akan mengubah posisi lower arm sehingga body depan kendaraan beroda empat sanggup meninggi ataupun merendah sesuai dengan keinginan.
Kerusakan lower arm
Kerusakan yang terjadi pada bab lower arm ini biasanya dikarenakan keausan bushing bushing nya, ataupun bengkoknya lower arm akhir kendaraan terlibat kecelakaan. Bengkoknya bab lower arm ini pun akan merubah kondisi sudut geometri ( spooring ) roda depan kendaraan yang berakibat kendaraan beroda empat akan menarik ke salah satu sisi ketika setir dilepas. Kampak atau lower arm yang sudah bengkok tidak sanggup di repair ulang, dan harus dilakukan penggantian lower arm yang baru. Semoga bermanfaat dan silahkan dibagikan.
Comments
Post a Comment