Penyebab Mesin Kendaraan Beroda Empat Ngelitik Di Rpm Rendah
Sebab mesin ngelitik rpm rendah - knocking atau yang umum di sebut dengan istilah ngelitik ialah suatu kondisi dimana mesin kendaraan beroda empat mengalami proses pembakaran yang tidak normal ibarat yang seharusnya. Ciri kendaraan beroda empat mengalami ngelitik ini sanggup anda rasakan ketika menginjak gas dalam dalam kemudian melepaskannya, anda akan mendengar suara yang kurang begitu lezat didengar, serta mesin kendaraan beroda empat yang terasa bergetar.
Gejala ngelitik atau knocking ini sanggup terjadi baik pada kendaraan beroda empat renta / klasik, ataupun kendaraan beroda empat yang bahkan gres beli dari dealer sanggup mengalami hal ini. Ada dua tanda-tanda ngelitik yang biasanya terjadi pada mesin mobil, yang pertama ialah ngelitik disaat rpm mesin rendah, dan yang kedua ialah ngelitik disaat rpm mesin kendaraan beroda empat sedang tinggi. Namun pada artikel kali ini kami akan fokus membahas mengenai faktor penyebab kenapa mesin kendaraan beroda empat ngelitik di rpm rendah.
Gejala ngelitik atau knocking ini sanggup terjadi baik pada kendaraan beroda empat renta / klasik, ataupun kendaraan beroda empat yang bahkan gres beli dari dealer sanggup mengalami hal ini. Ada dua tanda-tanda ngelitik yang biasanya terjadi pada mesin mobil, yang pertama ialah ngelitik disaat rpm mesin rendah, dan yang kedua ialah ngelitik disaat rpm mesin kendaraan beroda empat sedang tinggi. Namun pada artikel kali ini kami akan fokus membahas mengenai faktor penyebab kenapa mesin kendaraan beroda empat ngelitik di rpm rendah.
Faktor penyebab mesin kendaraan beroda empat ngelitik di rpm rendah
1. Saringan udara sudah kotor
Fungsi dari saringan udara ialah untuk menyaring segala macam benda absurd yang terhisap pada dikala mesin melaksanakan langkah hisap, biar nantinya tidak ikut masuk kedalam ruang mesin. Kotornya saringan udara ini akan menimbulkan pasokan udara yang masuk kedalam ruang bakar menjadi kurang sehingga timbul tanda-tanda ngelitik. Untuk mengatasi hal ini anda sanggup secara rutin membersihkan saringan udara dengan menyemprotkan udara bertekann, namun kalau kondisi saringan sudah sangat kotor sebaiknya diganti dengan elemen yang baru.Baca juga : Pengertian rasio kompresi pada mesin kendaraan
2. Banyaknya karbon di intake manifold
Banyaknya karbon yang bersarang di pecahan intake manifold mesin tentunya akan menghambat anutan udara yang akan masuk kedalam ruang bakar, sehingga komposisi gabungan udara dan materi bakar menjadi kurang ideal sehingga memicu terjadinya ngelitik. Untuk mengatasi karbon yang menumpuk di pecahan intake manifold, anda sanggup rutin membersihkannya dengan memakai cairan karbon cleaner.3. Kotornya sensor ISC mesin mobil
Sensor ISC ialah sebuah sensor yang biasanya ditanam atau menjadi satu dengan throttle body. Jika sensor ISC ini hingga kotor sanggup menimbulkan komputer kendaraan beroda empat tidak sanggup mengontrol seberapa banyak pasokan udara yang harus disuplay kedalam ruang mesin. Dan tentu saja efeknya akan menciptakan mesin kendaraan beroda empat menjadi ngelitik. Untuk mengatasi hal ini anda sanggup membersihkan ISC mesin kendaraan beroda empat dengan memakai pembersih semacam WD-40 maupun foaming.4. Setelan pengapian mesin terlalu rendah
Menyetel pengapian mesin yang terlalu rendah juga sanggup menimbulkan mesin kendaraan beroda empat jadi ngelitik dikala berada di rpm rendah. Untuk mengatasi hal ini anda sanggup menaikkan / memajulan sedikit derajat pengapian biar tanda-tanda ngelitik di rpm rendah ini menghilang.Baca juga : Ini bedanya ngelitik di mesin diesel dan mesin bensin
Comments
Post a Comment