Penyebab Kiprok Motor Rusak
Penyebab kiprok rusak - kiprok atau dalam bahasa teknisnya disebut regulator ialah salah satu komponen penting yang ada pada sepeda motor, alasannya ialah bila kiprok motor ini hingga rusak akan menyebabkan aneka macam persoalan pada kuda besi kita. Mulai dari lampu - lampu motor yang sering putus, motor jadi susah starter bahkan hingga persoalan pada sistem pembakaran mesin.
Jika hingga kiprok ini rusak, maka akan menyebabkan pengisian listrik menuju aki menjadi terganggu alias tidak bisa mengisi aki dengan baik. Bisa dipastikan jikalau aki tidak terisi dengan baik, sedangkan energi listrik didalamnya tetap dipakai untuk proses pembakaran, usang kelamaan akan habis sehingga motor pun akan mogok di jalan.
Karena menghasilkan panas ketika bekerja inilah kenapa pada pecahan kiprok terdapat kisi kisi / sirip yang dipakai untuk membuang panas. Bila panas yang dihasilkan oleh kiprok tidak bisa didinginkan dengan baik, tentu saja kiprok akan mengalami overheating dan rusak.
Selain faktor penggunaan sepeda motor, kualitas dari kiprok tersebut juga akan menghipnotis tingkat keawetannya. Kiprok yang kualitasnya buruk pastinya akan gampang sekali rusak.
Nah sedikit tips biar kiprok anda tetap awet, pastikan posisi kiprok tersebut dialiri oleh udara sehingga pendinginan sanggup dimaksimalkan dengan baik. Kemudian jangan sering sering memacu sepeda motor dengan kecepatan tinggi, lantaran selain sanggup menyebabkan umur kiprok pendek juga ancaman terhadap keselamatan.
Dan untuk motor yang sudah dimodifikasi kelistrikannya, contohnya memakai lampu HID dan semacamnya, sebaiknya ganti kiprok bawaan dengan kiprok yang spesifikasinya lebih diatasnya. Atau bisa juga di modifikasi kiproknya biar sanggup memenuhi kebutuhan kelistrikan motor sesudah dimodifikasi. Semoga bermanfaat.
Fungsi kiprok sepeda motor
Secara teknis fungsi dari kiprok atau regulator ini ialah sebagai pembatas, pengatur dan pembagi sistem kelistrikan pada kendaraan roda dua. Umumnya kiprok ini mempunyai 2 buah jalur kelistrikan yakni satu jalur untuk kelistrikan AC yang biasanya disalurkan untuk menyalakan lampu utama ( walaupun ketika ini banyak yang sudah memakai jalur DC ), dan sisanya ialah untuk jalur kelistrikan DC yang dipakai untuk pengisian aki, pompa materi bakar, lampu - lampu kecil ibarat lampu sein dan lain sebagainya.Jika hingga kiprok ini rusak, maka akan menyebabkan pengisian listrik menuju aki menjadi terganggu alias tidak bisa mengisi aki dengan baik. Bisa dipastikan jikalau aki tidak terisi dengan baik, sedangkan energi listrik didalamnya tetap dipakai untuk proses pembakaran, usang kelamaan akan habis sehingga motor pun akan mogok di jalan.
Baca juga : Yuk berguru perihal kelistrikan sepeda motor disini
Penyebab kiprok motor rusak
Adapun penyebab kenapa kiprok motor bisa hingga rusak biasanya dikarenakan kiprok tersebut mengalami overheating. Ketika kiprok motor bekerja mengubah aurs AC menjadi DC tentu saja akan menghasilkan panas. Semakin anda sering memacu sepeda motor dengan kecepatan tinggi, maka kinerja kiprok pun akan semakin berat serta panas yang dihasilkan pun akan semakin tinggi.Karena menghasilkan panas ketika bekerja inilah kenapa pada pecahan kiprok terdapat kisi kisi / sirip yang dipakai untuk membuang panas. Bila panas yang dihasilkan oleh kiprok tidak bisa didinginkan dengan baik, tentu saja kiprok akan mengalami overheating dan rusak.
Selain faktor penggunaan sepeda motor, kualitas dari kiprok tersebut juga akan menghipnotis tingkat keawetannya. Kiprok yang kualitasnya buruk pastinya akan gampang sekali rusak.
Baca menarik lainnya : Masalah yang siap mengintai anda jikalau kiprok hingga rusak
Nah sedikit tips biar kiprok anda tetap awet, pastikan posisi kiprok tersebut dialiri oleh udara sehingga pendinginan sanggup dimaksimalkan dengan baik. Kemudian jangan sering sering memacu sepeda motor dengan kecepatan tinggi, lantaran selain sanggup menyebabkan umur kiprok pendek juga ancaman terhadap keselamatan.
Dan untuk motor yang sudah dimodifikasi kelistrikannya, contohnya memakai lampu HID dan semacamnya, sebaiknya ganti kiprok bawaan dengan kiprok yang spesifikasinya lebih diatasnya. Atau bisa juga di modifikasi kiproknya biar sanggup memenuhi kebutuhan kelistrikan motor sesudah dimodifikasi. Semoga bermanfaat.
Comments
Post a Comment