Cara Atasi Rem Tromol Motor Kurang Pakem
Rem tromol kurang pakem - salah satu jenis rem yang sampai ketika ini masih dipakai pada beberapa model kendaraan bermotor ialah rem jenis tromol. Rem tromol ini sampai ketika ini masih dipertahankan lantaran mempunyai kelebihan berupa hasil pengereman yang lembut sehingga motor tidak akan mengalami slip di penggalan roda belakangnya.
Masalah yang seringkali hinggap pada rem tromol motor ini biasanya ialah rem terasa kurang pakem ketika digunakan, sehingga mengakibatkan kita was - was ketika berkendara. Penyebabnya pun bisa beraneka ragam dan dibawah ini ialah beberapa tips yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi duduk perkara rem tromol yang kurang pakem.
Sebagai pola kampas rem jenis asbes sangat optimal dipakai di cuaca kering dan tidak menciptakan penggalan dalam tromol cepat terkikis, namun kemampuan dari kampas rem jenis ini akan menurun ketika dipakai di isu terkini hujan. Untuk gosip lebih terperinci mengenai jenis - jenis kampas rem silahkan baca goresan pena kami lainnya di : MENGENAL JENIS - JENIS KAMPAS REM
Saat kita melaksanakan ugrade di penggalan kaki - kaki menyerupai mengganti velg dengan spesifikasi lebih besar dan lebar ataupun mengupgrade performa mesin, kita juga perlu melaksanakan upgrade sistem pengeremanya. Bisa dengan jalan mengganti dengan diameter tromol yang lebih besar, atau ganti sekalian dengan rem cakram hidrolik.
Nah supaya gosip diaats sanggup bermanfaat.
Masalah yang seringkali hinggap pada rem tromol motor ini biasanya ialah rem terasa kurang pakem ketika digunakan, sehingga mengakibatkan kita was - was ketika berkendara. Penyebabnya pun bisa beraneka ragam dan dibawah ini ialah beberapa tips yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi duduk perkara rem tromol yang kurang pakem.
Tips atasi rem tromol kurang pakem
1. Setel pengatur kekencangan tuas rem tromol
Seiring lamanya penggunaan sepeda motor, tentu saja penggalan kampas rem nya juga ikutan menipis sehingga perlu dilakukan penyetelan ulang. Silahkan kalian lakukan penyetelan dengan cara mengencangkan mur penahan pegas yang letaknya sempurna di penggalan tuas tromol.2. Bersihkan sistem tromol / lakukan penggantian jika rusak
Jika rem tromol dirasa sudah tidak begitu pakem lagi meski sudah disetel kekencangannya, ada kemungkinan dibagian tromolnya sudah kotor sehingga kinerja tak lagi maksimal. Solusinya ialah dengan membongkar dan membersihkan kotoran yang melekat disana. Kalian bisa mengamplas penggalan dalam drumbrake dan juga penggalan kampas rem sehingga permukaan kedua bidang ini tidak lagi licin. Namun jika ternyata ketika dibongkar dan diketahui kampas rem sudah aus sebaiknya dilakukan penggantian dengan part yang baru.3. Tentukan jenis kampas rem yang sesuai
Saat hendak mengganti kampas rem usang dengan yang baru, pastikan kalian tahu mengenai jenis atau type dari kampas rem, alasannya ada banyak jenis / type kampas yang tentunya mempunyai kelebihan serta kekurangan masing -masing.Sebagai pola kampas rem jenis asbes sangat optimal dipakai di cuaca kering dan tidak menciptakan penggalan dalam tromol cepat terkikis, namun kemampuan dari kampas rem jenis ini akan menurun ketika dipakai di isu terkini hujan. Untuk gosip lebih terperinci mengenai jenis - jenis kampas rem silahkan baca goresan pena kami lainnya di : MENGENAL JENIS - JENIS KAMPAS REM
4. Perbesar diameter tromol / ganti rem cakram
Saat kita melaksanakan ugrade di penggalan kaki - kaki menyerupai mengganti velg dengan spesifikasi lebih besar dan lebar ataupun mengupgrade performa mesin, kita juga perlu melaksanakan upgrade sistem pengeremanya. Bisa dengan jalan mengganti dengan diameter tromol yang lebih besar, atau ganti sekalian dengan rem cakram hidrolik.Baca juga : Penyebab dan atasi rem cakram motor keras
Nah supaya gosip diaats sanggup bermanfaat.
Comments
Post a Comment