Bohlam Depan Sepeda Motor Putus Terus
halo semuanya ...apa kabar sehabis usang kehilangan semangat untuk menulis di blog ...akhirnya saya kembali dengan angin gres yups.... di blog saya www.idokeren.blogspot.co.id yang berkutat dengan dunia Otomotif sepeda motor dimana ..
DISANA saya di lahirkan ..ixixixix maksudnya saya lama menimba ilmu di dunia sepeda motor .... kali ini kita akan membahas kenapa ??? bohlam depan sepeda motor putus terus
padahal kita sudah menggantinya berkali-kali tetapi masih sering putus kezaaaaal rasanya harus kebengkel tiap ahad untuk menganti yg namanya bohlam depan.. mana harganya tidak mengecewakan lagi so cekidooooooot ???
pertama2 yang harus kita sadari di masa ini dimana pemerintah mengeluarkan peraturan yang mewajibkan setiap pengendara motor menyalakan lampu di siang hari otomatis kerja lampu menjadi 24 jam full, oleh lantaran itu yang tadinya kerja lampu hanya 50% menjadi 100 % oleh alasannya yakni itu yang tadinya usia pakai lampu sanggup sampe berbulan2x atau bertahun2x jadi hanya setengah dari usia pakai, kalau sistem lampu sehat otomatis kita mendapat 50% usia pakai lampu ya gak.
#untuk mengindentifikasi kerusakan pada lampu ada beberapa hal yang harus kita periksa, mari kita lihat dulu apakah lampu kita putus dengan warna hitam di lampunya yang berarti lampu gosong terbakar / hangus lantaran sesuatu hal.
#untuk mengindentifikasi kerusakan pada lampu ada beberapa hal yang harus kita periksa, mari kita lihat dulu apakah lampu kita putus dengan warna hitam di lampunya yang berarti lampu gosong terbakar / hangus lantaran sesuatu hal.
kalo bohlam kita putus dan tidak berwarna hitam maka kita cukup menggantinya dengan bohlam baru . tetapi kalau berwarna hitam kita harus sedikit berhati2 ada kemungkinan bohlam gres yg kita pasang sanggup hangus kembali lantaran dilema utamanya belum ditemukan .
#kita mulai dengan mengecek socket lampu depan biasanya sich berdasarkan para hebat yang saya, tanyakan mereka bilang socket nya itu juga sudah rusak atau timahnya tonjolan timahnya di lampus habies yang menimbulkan kerenggangan terjadi antara kuningan socket dan tonjolan timah pada lampu tidak bersentuhan secara tepat yang menimbulkan panas yang semakin usang kalau di biarkan akan menciptakan hangus keduanya .
#setelah identifikasi pertama dilakukan kita cek ajah ok tampilan socket menyerupai gambar di bawah ini, terlihat tonjolan socket sudah habies atau eberkurang akan menjadi penyebab utama timbulnya panas pada socket lampu kalau sudah menyerupai tonjolan sudah menyerupai gambar lebih baik kalo saya sarankan di ganti socket lampunya atau kalau agan dan sis mau hemat sanggup di solder penggalan tonjolanya semoga menjadi standar lagi tonjolanya, tinggi tonjolanya sekitar 5mm ya, agar lampu kita abadi .. cekidot gambarnya
gambar socket lampu yang habies
kalau ternyata benar timah di socket lampunya habies itu berarti socketnya juga harus ikut di ganti agar lampu yang kita ganti tadi jadi awet... dengan catatan pastikan lampu dan socket yg rusak tadi
kita coba terlebih dahulu apakah menyala dengan anggun atau masih blm menyala..jika menyala maka cukup hingga disitu dilema kita selesai kalau tidak maka kita harus mengecek kabel kelistrikan lampu yang mengarah ke dimmer switch lampu jauh / akrab ...
#sampai disini tahap investigasi switch dimmer oh ya untuk motor kini tidak ada switch untuk on / off lampu ya ... bahwasanya itu juga salah satu yang menimbulkan lampu kita cepat
putus lantaran usia pakai loo hehehe lantaran motor kita dulu ada on /off ya kan. jadi kerja lampu tidak terus menerus beda dengan motor jaman kini lampunya meloootot terus siang malam gak
kedip ixixixi ...
kita kembali ke switch dimmer yaa hehehe... disini kita menilik apakah dimmer dalam kondisi anggun atau tidak dengan AVO meter cukup dengan menilik putus atau nyambung
saat kita mainkan fungsi switch nya .. kalau tidak berfungsi dengan baik sebaiknya di ganti ....
putus lantaran usia pakai loo hehehe lantaran motor kita dulu ada on /off ya kan. jadi kerja lampu tidak terus menerus beda dengan motor jaman kini lampunya meloootot terus siang malam gak
kedip ixixixi ...
kita kembali ke switch dimmer yaa hehehe... disini kita menilik apakah dimmer dalam kondisi anggun atau tidak dengan AVO meter cukup dengan menilik putus atau nyambung
saat kita mainkan fungsi switch nya .. kalau tidak berfungsi dengan baik sebaiknya di ganti ....
kawan kalau hingga di situ lampu tidak hidup juga ada baiknya ..kita bawa ketempat ahli nya ada kemungkinan ada kabel yg konslet dan itu memerlukan keterampilan khusus untuk memeriksanya ... kalau lampu berfungsi dengan normal maka perjuangan kita berhasil berhemat tidak perlu datang ke benkel dengan mendapat ilmu menilik kerusakan lampu depan
sobat semog artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan ilmu pengetahun terhadap sepeda motor, bagi kalian yang membutuhkan
ALHAMDULILLAH di ujung artikel ini kita hingga ... nantikan postingan yang lainya di
www.idokeren.blogspot.co.id yaa
Comments
Post a Comment