Motor Matik Bergetar Ketika Tarikan Pertama
Pertama yang niscaya motor nya matik yaa, bukan bajai .pertama getaran itu di rasakan saat tarikan pertama ketika kita akan berkendara dari kondisi berhenti kita perlahan bergerak maka akan terasa getaran yang sangat menggangu pikiran dan indera pendengaran alasannya ialah kadang sanggup sangat berisik getaran yang di hasilkan ini berasal dari dalam CVT ( continues variabel transmision ) kalo tidak salah ya bahasa jawanya.
Letak CVT ini berada di sebelah belakang bawah kiri, ditutupi oleh sebuah blok cover mesin yang harus di buka maka akan terlihat dua buah
Benda besar bulat yang di hubungkan dengan dengan karet cvt. Untuk membuka driven dan final driven / kedua puly diatas kita harus memiliki kunci khusus Penahan cvt biasanya bentuknya ibarat huruf
( Y ) alat ini dipakai untuk menahan ketika akan melepaskan dan mengencangkan perlu di ketahui penting untuk
( Y ) alat ini dipakai untuk menahan ketika akan melepaskan dan mengencangkan perlu di ketahui penting untuk
Menggunakan alat yang benar bila kita memaksakan dengan alat yang tidak benar resikony sangat besar alasannya ialah banyak kejadian.
Yang tidak kita harapkan misal namanya mekanik memiliki seribu cara untuk mengakali sesuatu Itu sudah naluri mekanik yaa alasannya ialah boleh di bilang mereka itu insan serba bisa.
Ada mekanik yang menggunakan Baut untuk menahan driven / puly depan memang hasil yang di harapkan kadang sanggup 50:50 yaa tapi resikonya besar bila sedang apes rumah CVT sanggup rusak dan pecah dll. Jadi pergunakan Istimewa tools yang di recomended
Di atas merupkan Istimewa tools yagn sanggup di gunakan ( hanya contoh) Tiap motor berbeda alat tergantung merek dan type ya
Tapi secara umum hampir sama Untuk persoalan kali ini yaitu getaran yang terjadi pada motor matik ketika akan bergerak dari kondisi berhenti Yaitu kita hanya membongkar puly belakang kemudian kita lakukan investigasi yaitu dengan melihat bearing yang melekat di cover tutup CVT, Bearing ini biasanya ada semacam kuningan di dalamnya,
Periksa bentuk kuninganya apakah masih dalam bentuk normal atau tidak misal sudah tidak bundar, karean bagian dalam kuningan sudah Aus atau terkikis
Jika memang demikian bearing harus di ganti ya alasannya ialah bila memang demikian bentuknya sanggup di pastikan bunyi berasal dari bearing yang longgar karean bearing ini berfungsi sebagai penahan putaran as belakang sebelah kiri bila
Bearing ini longgar maka otomatis putaran yang di hasilkan puley belakang tidak stabil as puley belakang bergerak tidak pada rotasinya ini menyebakan tabrakan pada as dan kuningan bearing menghasilkan bunyi berdecit yang keras maka kita harus mengantinya .
· Jika bearing penahan puley belakang sebelah kiri cantik kita sanggup
Memeriksa dengan membongkar puley belakang. Setelah terbongkar kita akan melihat ada rangkaiyan komponen rumah kopling untuk hal ini memang membutuhkan skill medium ya ,
Jika orang awam tidak disarankan membukanya, disana kita juga harus membongkar kampas kopling rada sedikit susah tanpa alat khusus alasannya ialah berdasarkan mekanik sepeda motor permsalahan yang terjadi sanggup juga berasal dari pergerekan kampas kopling yang terhambat kerjanya.
kampas kopling kotor menyebabkan Saat rumah kopling dan kampas bersentuhan ada tabrakan yang licin yang menciptakan rumah tutup kopling tidak terbawa tepat kita Bisa membersihkan Bagian kampas kopling yang bersentuhan dengan tutup kampas kopling Dengan menggesek kampas dengan amplas atau sikat kawat,
kampas kopling kotor menyebabkan Saat rumah kopling dan kampas bersentuhan ada tabrakan yang licin yang menciptakan rumah tutup kopling tidak terbawa tepat kita Bisa membersihkan Bagian kampas kopling yang bersentuhan dengan tutup kampas kopling Dengan menggesek kampas dengan amplas atau sikat kawat,
Kemudian kita juag sanggup menyelidiki penahan kampas kopling yang biasanya ada karet kecil hitam sebagai bantalanya bila dirasa alas ini sudah keras dan bentuknya tidak sesuai . bulat lebih baik di ganti
Karena ini kemungkinan juga sanggup menghambat kinerja kampas kopling ketika akan mekar untuk (“cara kerja kampas kopling matik nantikan artikel selanjutnya ya “ ).
Jika karet kopling sudah diganti maka kita tutup ingat ya prinsip memasang komponen mekanik selalu “ bagian yang paling selesai di bongkar ialah belahan paling awal di pasang” setelah terpasang kita biar permasalahan diatas selesai dengan solusi ini bila blm ada perubahan ada baiknya kita baw ke ahli. Karena komponen makanis biasanya saling terkait antara komponen yang satu dengan yang lain artikel di atas hanya merangkum insiden yang sering terjadi dan di selesaikan dengan solusi diatas .
ok di selesai penghujung artikel ini mohon maaf bila ada banyak kesalahan kata dan penulisan dan dilangit yang tinggi masih ada langit senantiasa berguru dan menyebarkan biar artikel diatas bermanfaat . salam idokeren.blogspot.co.id
Comments
Post a Comment