Bagaimana Cara Menentukan Oli Sepeda Motor Terbaik

Image result for free image oli sepeda motor Bagaimana cara menentukan oli sepeda motor terbaik


Bagaimana cara menentukan oli sepeda motor terbaik, oli mesin terbaik sangat mendukung kehandalan kerja mesin sepeda motor anda Bagaimana cara menentukan oli sepeda motor yang berkualitas. 


Gunakan kualitas oli sepeda motor terbaik Jangan sembarangan memakai oli untuk sepeda motor anda Bagaimana sebenarnya

Memilih oli untuk sepeda motor supaya mesin motor baka dan tahan lama. 

Halo gan & sis kali ini kita membahas bagaimana cara menentukan oli yang sempurna untuk sepeda motor kita, menentukan cairan pelumas sepeda 

Motor, ini juga termasuk penting untuk kendaraan kesayangan kita dimana kalau kita salah menentukan maka akan berdampak jelek terhadap performa kuda pacu kita (motor).

Pelumas ini mempunyai yang namanya kekentalan inilah yang penting,  kita ketahui memang kita sanggup memakai segala macam jenis oli dan merek yang ada di pasaran.

Tidak ada yang melarang anda memakai asal punya uang anda bisa mengganti dengan cairan pelumas yang mahal dan berkualitas 

tinggi tetapi pertanyaanya ???  sudah sempurna kah cairan pelumas yang kita gunakan ...

Biasanya oli mesin motor diadaptasi dengan kondisi iklim suatu daerah dimana anda tinggal alasannya ini  berkaitan dengan 

kekentalan pelumas itu sendiri walaupun kita hidup di negara beriklim tropis mungkin itu tidak terlalu sanggup dirasakan 

dampaknya, andai anda tinggal di negara yang mempunyai banyak iklim dengan suhu cuek yang sangat tinggi atau tiggal di negara 

Yang mempunyai udara panas yang sanggup menciptakan anda berkeringat dan gerah setiap ketika ini pun besar lengan berkuasa terhadap kinerja mesin sepeda motor kita.

Memilih oli mesin untuk motor yang sesuai dengan karakterisik mesin dan juga diadaptasi dengan iklim. Pada oli yang akan kita 

Beli biasanya selalu tercantum SAE 10W – 40 , SAE 15W – 50 dan masih banyak aba-aba yang digunakan kemudian apa arti arti aba-aba tersebut 

Yang cocok untuk kita pilih sesuai dengan jenis mesin dan tipe kendaraan kita.

Kita sanggup perhatikan pada kemasan Oli ada goresan pena aba-aba huruf dan angka, aba-aba – aba-aba tersebut merupakan “lisensi” dan keterangan 

yang diberikan oleh perusahaan pembuat oli tersebut, lisensi kualitas oli secara internasional beragam, namun yang umumnya 

sering digunakan sebagai standar oli di dunia ialah API dan JASO. Lalu apakah API dan JASO .

API = American Petroleum Institute, ialah forum yang berwenang dan mengusut kualitas oli yang digunakan di negara-negara eropa dan amerika dan umumnya standar API sudah dimiliki oleh hampir seluruh merek oli.

API Service biasanya memakai inisial 
S = untuk bensin dan C = untuk solar. 

Adapun huruf yang mengikuti di belakangnya merupakan tingkatan (grade) dari oli tersebut. Contoh: SA, SB, SC, SD, SE, SF, SG, SH, SJ, SL (bensin) CA, CB, CF, CH, CH4 (solar).

Semakin besar karakter yang mengikutinya, semakin cantik kualitas oli tersebut dan telah memenuhi syarat oli sebelumnya.

Sedangkan JASO (Japanese Automotive Standar Association) ialah forum di jepang yang mengecek dan menguji kualitas oli 

di negara jepang, Itu alasannya karakteristik mesin dan kendaraan buatan eropa dengan kendaraan buatan jepang berbeda.

Motor-motor buatan jepang umumnya memakai kopling berair sedangkan kendaraan buatan eropa menganut sistem kopling kering 

yang artinya tidak terendam oli sehingga kendaraan buatan eropa cukup dengan sertifikasi API sedangkan kendaraan buatan jepang selain sertifikasi API wajib mempunyai sertifikasi JASO.

Kemudian cara menentukan oli yang pas ialah  : 
mengetahui iklim  tempat  tinggal. mengetahui jenis kopling apakah sepeda motor kita berair atau kering.

usia kendaraan bermotor ini termasuk penting semakin bau tanah usia kendaraan kita semakin besar clearence / celah antar komponen didalam mesin sepeda motor jadi membutuhkan sumbangan Exstra.

biasanya di botol oli terpampang kode 

  • SAE 20W-50 yang berarti oli bisa mengubah kekentalannya sesuai temperature, yaitu 20W (winter) pada suhu dingin, dan pada temperatur tinggi kekentalannya akan bermetamorfosis 50. Oli jenis ini masih sanggup mengalir (tidak membeku) walaupun temperatur drop sampai -20 oC, dan ketika suhu naik mencapai 100o C oli jenis ini masih bisa mempertahankan kekentalannya.
Ok mitra jadi kalau kita menentukan sesuaikan oli dengan iklim daerah kita tinggal dan usia pakai kendaraan Bermotor Kita,  kendaraan 

kita menuntut oli yang bisa melindungi tiap celah sempit  yang ada di dalam mesin dengan majunya teknologi diharapkan juga 

Performance oli yang cantik dan handal untuk mesin kita

ok mitra biar gosip tadi bermanfaat buat yang membutuhkan nantikan artikel lainya hanya di www.idokeren.blogspot.co.id






Sumber https://idokeren.blogspot.com/

Comments

Popular posts from this blog

Cara Menghilangkan Cat Body Sepeda Motor Dengan Gampang Hanya 5 Menit Simpulan

Agar Komstir Vixion Baka Ganti Bearing Bambu Aja

Cara Membuang Angin Pada Caliper Rem Depan Supra X 125