Cara Kerja Mesin 2-Tak Dan 4-Tak
TEMPATNYA MENDAPAT INFORMASI SEPEDA MOTOR masih ingat artikel saya sebelumnya saya pernah menulis akan membahas perihal cara kerja sepeda motor 4 tak dan 2 tak atau kita kenal dengan mesin 4 langkah dan 2 langkah secara umum sangat gampang untuk membedakan jenis sepeda motor kita 4 tak
atau 2 tak, cara yang paling gampang yaitu dengan melihat dari pembuangan gas kendaraan atau kenalpot sepeda motor.
read moree...
read moree...
jika motor 2 langkah akan mengeluarkan asap putih terus menerus bukan berarti rusak looh, berbeda dengan mesin 4 tak tidak akan mengeluarkan asap putih kalau mesin 4 tak mengeluarkan asap putih itu berarti ada kerusakan di dalam mesin mari kita lihat ulasan saya perihal cara kerja mesin 4 tak dan 2 tak.
kita akan membahas satu persatu ya di mulai dari mesin 2 tak terlebih dahulu :
mesin 2 tak memiliki sistem pelumasan yang berbeda dari mesin 4 tak dimana di mesin 2 tak oli mesin tidak akan hingga ke ruang torak pelopor alasannya yaitu ada seal yang membatasi oli untuk sanggup mencapai crankshaft dan melumasinya oleh alasannya yaitu itu untuk pelumasan crankshaft tersebut mesin membutuhkan pelumas aksesori atau yang kita kenal oli samping sebagai pelumasnya.
proses kerja mesin 2 tak yaitu dimana proses langkah hisap dan langkah kerja, dalam satu langkah dan proses kompresi dan buang juga menjadi satu langkah, jadi disini ada dua langkah kerja untuk empat proses yang terjadi hehehe galau yaa memahaminya kalo orang awam akan sedikit kesulitan melihat goresan pena saya di atas tadi.
Begini dikala materi bakar di hisap oleh torak dikala itu juga sedang terjadi langkah kerja atau proses bergeraknya piston dari TMA (titik mati atas) ke TMB (titik mati bawah) itu yaitu yang seharusnya dua proses yang berbeda tetapi untuk proses kerja mesin 2 tak, dua proses menjadi satu dalam satu langkah kerja
Kemudian proses berikutnya yaitu proses langkah kompresi dan langkah buang yang menjadi satu proses, proses ini berawal dari TMA ke TMB ini juga dua langkah proses yang menjadi satu oleh alasannya yaitu itu proses kerja mesin ini di sebut mesin 2 tak / dua langkah. Dikarenakan 4 proses langkah kerja menjadi 2 langkah kerja
Disini kita tidak membahas untung rugi mesin 4 tak dan 2 tak ya sanggup gak selesai ini goresan pena ampe beduk subuh ini ajah mata dah ngantuk waaaak waaaw.
Melihat lebih detail kedalam ruang pembakaran mesin 2 tak atau 2 langkah tetapi secara umum, yaitu dimana pada mesin ini
· tidak adanya katup / valve (katup menyerupai payung) untuk mengatur keluar masuknya materi bakar seperti mesin 4 tak.
· Piston pada mesin 2 tak hanya memiliki 2 ring yaitu ring kompresi dan ring pembilas lupa bahasa jawanya apa ? he3x
· Bentuk piston hanya sanggup di jelaskan dengan gambar di bawah ya ? di kepala piston dengan bentuknya yang unik berfungsi sebagai pendorong gas buang yang tidak terpakai.
Terus kenapa mesin 2 tak mengeluakan asap putih sudah di singgung di atas di dalam crankshaft ada seal yang menghalangi oli mesin masuk keruangan tersebut oleh alasannya yaitu itu di butuhkan oli samping sebagai pelumas ruang tersebut dan asap putih yang muncul terus menerus memang berasal dari oli samping yang bercampur materi bakar tadi ikut terbakar.
cara kerja mesin 2 tak inilah yang menyebabkan asap putih itu muncul alasannya yaitu pembakaran yang dilakukan bercampur dengan oli samping. Pedih kan ya mata rasanya kalo di belakang motor ini untung jenis motor ini kini sudah mengalami kemajuan teknologi, sehingga asap putih yang keluar sangat minim bahkan hampir tidak kelihatan looh itu lah hebatnya kemajuan teknologi ya
kemudian kini kit aakan membahas perihal mesin 4 tak atau 4 langkah:
Prose kerja mesin 4 tak yaitu akan saya coab jabarkan dengan pemahaman saya yaa :
· Langkah hisap yaitu dimana piston bergerak dari TMA ke TMB proses ini juga terkait komponen klep in / valve in yang terbuka yang menyebabkan adonan materi bakar dan udara terhisap kedalam ruang bakar kenapa sanggup terbuka klep kerjanya di atur oleh noken as / camshaft comp, yang bergerak alasannya yaitu di hubungkan oleh rantai keteng / chain cam dengan crankshaft.
· Langkah kompresi sesudah langkah hisap berlangsung maka posisi piston berada di bawah maka piston akan melaksanakan lagi proses bergeraknya piston dari TMB ke TMA dan proses ini di namakan proses kompresi, dikala proses ini kedua klep in dan ex akan sama sama tertutup. Dan materi bakar akan di mampatkan sepadat mungkin di ruang bakar.
· Langkah kerja yaitu dimana di simpulan langkah kompresi akan terjadi ledakan yang sangat dahsyat yang di picu oleh percikan api dari busi yang akan menciptakan ledakan mendorong piston dari TMA ke TMB proses ini lah yang dinamakan langkah kerja.
· Langkah yang terakhir yaitu langkah buang dimana prose ini yaitu membuang gas sisa pembakaran yang tidak terpakai keluar mesin yang akan digantikan dengan materi adonan materi bakar yang gres lagi di proses ini piston bergerak dari TMB ke TMA mendorong gas disa hasil pembakaran.
Inilah mengapa mesin ini disebut 4 tak atau 4 langkah alasannya yaitu setiap proses langkah berlangsung tepat beda dengan 2 tak, Ini juga yang menjadi faktor kenapa kadang mesin 4 tak lebih hemat pemakaian materi bakar alasannya yaitu tiap proses kerja berlangsung tepat tidak ada materi bakar yang terbuang sia sia dan memang power mesin 4 tak berdasarkan saya lebih besar dari mesin 2 tak.
Ok kawaan kita hingga juga di simpulan penghujung goresan pena ini, walaupun memang di sadari goresan pena ini jauh dari kata tepat tapi supaya sanggup menambah wawasan dan bermanfaat bagi yang membutuhkan mohon maaf kalau banyak salah dan kata alasannya yaitu dilangit yang tinggi masih ada langit dan di bawah bumi masih ada lapisan bumi salam WWW.IDOKEREN.BLOGSPOT.CO.ID nantikan artikel berikutnya ya . dan kalau ada pertanyaan silahkan comment
Comments
Post a Comment